Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Benar Baiknya Jangan Minum Saat Makan Dan Setelahnya, Caranya Bagaimana?

Health.hakameru.com - Makan dan minum adalah kegiatan untuk memenuhi asupan gizi bagi tubuh. Biasanya minum pada saat makan lumrah dilakukan. Berbeda individu berbeda pula kebiasaan minum pada saat makan. Ada yang kerap minum saat makan, ada pula yang banyak minum di akhir makan.

Minum pada saat makan menurut para ahli kesehatan kurang baik bagi tubuh karena berhubungan dengan kemampuan tubuh dalam mencerna makanan yang masuk. Mengapa demikian?

Saat sedang makan, makanan yang masuk akan ditampung di lambung dan akan langsung di hancurkan oleh asam lambung agar mudah diserap oleh tubuh nantinya.

Jika saat asam lambung bekerja mengurai makanan lalu ditengah aktifitas itu masuk air minum maka asam lambung akan tercampur dengan air minum di mana hal tersebut akan membuat asam lambung menjadi encer dan membuat makanan akan butuh waktu lebih lama untuk di cerna.

Jika makin banyak air minum yang masuk maka makin lama pula proses pencernaan makanan selesai.
Jangan langsung minum saat tengah makan dan sesudah selesai makan - Health.hakameru.com
Jangan langsung minum saat makan dan sesudah selesai makan - Health.hakameru.com 
Pendapat dari ahli lainnya bahwa saat air masuk ke lambung maka tubuh akan mengeluarkan asam lambung lebih banyak yang mana itu akan memperburuk keadaan lambung karena bertambah banyaknya jumlah asam lambung pada lambung.

Minum pada saat makan

Bagaimana cara minum pada saat makan?

1. Minum 10-15 menit sebelum makan

Sebaiknya minum dahulu 10 atau 15 menit sebelum makan selain untuk membasahkan saluran makan juga untuk persiapan makan.

2. Hindari minum saat makan

Pada saat makan jangan minum kecuali seret atau ada keadaan genting seperti memakan makanan pedas atau lainnya.

Untuk dapat menghindari minum pada saat makan usahakan kunyah makanan dengan halus dan jangan terburu-buru saat makan agar tidak perlu minum air selama makan.
 

3. Minum 30 menit setelah makan

Setelah selesai makan, tunggu sekitar 30 menit untuk minum air.


Apa yang perlu diperhatikan mengenai minum saat makan?

Dari penelurusan Health.hakameru.com, ada para ahli yang kurang sependapat dengan metode ini.

Ada yang mengatakan jangan minum sebelum makan dan ada pula yang berpendapat minum saat makan tidak mempengaruhi cairan pada lambung karena lambung memiliki sistem otomatis yang dapat memisahkan cairan.

Dari pendapat ahli lain juga ada yang mengatakan minum air putih sebelum makan akan membuat perut lebih cepat kenyang yang membuat nafsu makan dapat ditekan sehingga baik untuk penderita diabetes.

Metode yang mana yang lebih tepat untuk diterapkan pada tiap orang? Lebih baik hal ini dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.
Dukung Health.hakameru.com dalam membuat artikel atau konten yang bermanfaat dengan mengklik tombol di bawah ini. Terima kasih
Beri donasi atau traktiran via sociabuzz




DISCLAIMER: Hakameru Health menyajikan informasi kesehatan secara umum. Jika ingin menerapkan apa yang ada pada website ini harap dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu karena kondisi tiap individu berbeda-beda tergantung dari kondisi fisik dan medis seperti kondisi kesehatan apa yang sedang dialaminya.